Wujud Rasa Syukur, Staf Disabilitas Polresta Malang Kota berbagi Berkah ke Sesama

Kota Malang – PBB menetapkan bahwa tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Sejak saat itulah setiap bulan Desember hampir seluruh penjuru dunia yang fokus pada isu disabilitas terus mengadakan rangkaian agenda dalam menunjukkan kepeduliannya terhadap disabilitas, termasuk masyarakat Indonesia.

Pemerintah pusat yang memperhatikan dan memperdulikan terkait hak-hak penyandang disabilitas kemudian merumuskan dalam Undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang hak-hak penyandang disabilitas, termasuk didalamnya hak bekerja. Kini disabilitas Indonesia semakin merasakan kesetaraan dan keadilan dalam berbagai aspek seperti kesempatan bekerja.

Polresta Malang Kota dibawah kepemimpinan Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si., mengimplementasikan program Kapolri terkait dengan perhatiannya kepada kelompok rentan dan penyandang disabilitas, sehingga per tanggal 4 Maret 2022 memberikan kesempatan kepada 4 orang penyandang disabilitas diantaranya Rara, Fany, Ayu, dan Fathullah untuk berkontribusi di institusi polri. Bahkan ketulusannya dalam kepedulian pada kelompok rentan menghantarkannya untuk mendapatkan predikat sebagai Bapak Disabilitas Malang Raya dan beberapa penghargaan dari pemerintah.

Menyambut Hari Disabilitas Internasional 2023 ini berbagai ucapan dan perhatian diberikan kepada 4 staf penyandang disabilitas Polresta Malang Kota tersebut. Namun hal ini menumbuhkan rasa syukur mereka kepada sesama dalam wujud berbagi berkah berupa sekitar 50 kotak nasi yang diberikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan, pada Senin (4/12/2023).

Saat dikonfirmasi Rara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud syukur bisa berkesempatan dan kesetaraan dalam bergabung bersama institusi polri. “Alhamdulillah kali ini apa yang telah kami lakukan merupakan hasil keringat kami sebagai wujud syukur kami atas kepercayaan dan perhatian yang diberikan oleh Kapolresta Malang Kota beserta seluruh anggota, sehingga kami ingin berbagi kebahagiaan dengan wujud kesederhanaan hasil kami sendiri” terang Rara.

Selain itu Fany Akbar yang memiliki tugas utama sebagai desainer produk kehumasan Polresta Malang Kota menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan usaha untuk meningkatkan rasa syukur dan semangat untuk sesama disabilitas. “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan inspirasi dan semangat bagi teman-teman kami di luar sana” ucap Fany.

Mengetahui adanya itikad baik tersebut Kasi Humas Polresta Malang Kota Ipda Yudi Risdiyanto sangat mendukung penuh kegiatan tersebut, bahkan seluruh anggota humas pun dikerahkan untuk terjun dalam pembagian nasi kotak tersebut. “Kami bangga mengetahui niat baik dari teman-teman kita ini, kemudian kami ikut berpartisipasi dalam pembagian berkah tersebut yang dilakukan di seputar wilayah kecamatan Klojen” ujar Ipda Yudi.

Dirinya menambahkan, “sesuai dengan atensi dan contoh baik yang diberikan Kapolresta Malang Kota bahwa kita semua harus saling menghargai dan peduli dengan saudara-saudara kita penyandang disabilitas dan hal itu terbukti bahwa kemampuan yang dimiliki mereka sangat luar biasa, sekali lagi kami mengucapkan Selamat Hari Disabilitas Internasional 2023 dan terimakasih atas kontribusi yang diberikan untuk Polresta Malang Kota” pungkas Ipda Yudi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *