Satgas Opsda Operasi Lilin Semeru 2023 Polda Jatim Cek Jalur Via Udara, Pastikan Nataru Lancar

SURABAYA – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs.Imam Sugianto,M.Si bersama Satgas Opsda Operasi Lilin Semeru 2023 Polda Jawa Timur melakukan pemantauan arus lalulintas melalui udara di wilayah Jawa Timur.

Direktur Lalulintas ( Dirlantas ) Polda Jatim Kombes Pol Komarudin selaku Kasatgas Opsda Lilin Semeru 2023 Polda Jatim didampingi Kepala Biro SDM, Direskrimum dan Kabidlabfor Polda Jatim, mengatakan pemantauan dilakukan dengan menyisir wilayah dan jalur wisata yang diprediksi berpotensi terjadi kepadatan lalulintas maupun pengunjung.

“Kami melakukan pengecekan dan pemantauan arus lalulintas dari mulai perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur yaitu Ngawi, Magetan hingga menuju Kota Batu dan beberapa jalur kota dan wisata yang ada,”ujar Kombes Pol Komarudin di Surabaya, Senin (25/12).

Hasil pantauan kata Kombes Pol Komarudin untuk di akses beberapa jalur Tol cukup landai dan tidak tampak adanya kemacetan.

“Hari ini jalur tol tampak landai dan tampak sudah mulai ada penurunan mobilitas kendaraan,”jelas Kombes Pol Komarudin.

Kombes Komarudin menyebut, jika dibanding kemarin Minggu (24/12) kendaraan yang masuk dan melintas di Jawa Timur pada Senin (25/12) sudah ada penurunan.

Sesuai data dari Satgas Opsda Lilin Semeru 2023 Polda Jatim, untuk Senin (25/12) jumlah kendaraan yang melintas diperkirakan lebih kurang 3.870 kendaraan yang masuk di Jawa Timur.

Hal itu menurut Kombes Pol Komarudin berbanding terbalik dengan jumlah kendaraan yang keluar dari Jawa Timur yang cukup tinggi.

Kombes Komarudin menyebut data kendaraan yang keluar dari Jawa Timur pada Senin (25/12) lebih kurang sebanyak 14.000 an kendaraan.

Dengan demikian prediksi dari Satgas Opsda Lilin Semeru Polda Jatim, gelombang pertama libur Natal 2023 arus lalulintas yang masuk Jawa Timur sudah terjadi penurunan.

“Kita anggap sampai hari ini adalah gelombang pertama libur Nataru, nanti ada gelombang kedua diperkirakan pada malam tahun baru 2024 hingga arus balik libur Nataru,”kata Kombes Komarudin.

Sementara itu untuk pantauan di wisata Kota Batu, Kombes Komarudin mengatakan akses yang menjadi destinasi cukup tinggi adalah wilayah kabupaten dan Kota Malang.

Karena wilayah Malang adalah akses menuju Kota Batu dan menjadi peringkat ke tiga secara Nasional kunjungan destinasi wisata.

Dari 100 ribu kapasitas yang ada, lanjut Kombes Komarudin ada 15 titik yang menjadi atensi Satgas Opsda Lilin Semeru 2023 Polda Jatim per kemarin, Minggu (24/12) tercatat 35.800 lebih.

“Ini artinya belum secara keseluruhan,”ujarnya.

Untuk tingkat kepadatan kata Kombes Komarudin tercatat di atas pukul 12.00 Wib. Hal ini memang Masyarakat yang berkunjung ke Kota Batu datang secara bergantian.

Dengan sumber data yang ada, Satgas Opsda Lilin Semeru 2023 Polda Jatim akan terus melakukan pantauan dan mengambil langkah sebagai upaya untuk tetap mewujudkan Keamanan, keselematan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcarlantas).

Hal itu lanjut Kombes Komarudin demi liburan Masyarakat semua merasa nyaman, aman dan lancar meski ada sedikit kepadatan mengingat jumlah kendaraan saat ini sudah cukup banyak.

“Alhamdulillah hingga saat ini sesuai pantauan kami situasi lalulintas masih relative lancar, hanya saja dibutuhkan kesadaran Masyarakat untuk tetap mengikuti arahan petugas yang ada,”pungkas Kombes Komarudin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *