Polresta Malang Kota Bersama TNI dan Tim Jibom Brimob Sterilisasi Gereja Jelang Natal

Kota Malang – Dalam rangka menciptakan kondusifitas perayaan Natal 2023 dan agar para jemaat bisa beribadah dengan nyaman dan aman, Polresta Malang Kota bersinergi dengan Tim Jibom Brimob, TNI melaksanakan sterilisasi ke Gereja-gereja yang ada di Kota Malang.

Kasat Satmapta Polresta Malang Kota Kompol Wiwin Rusli SH, MH mengatakan pelaksanaan sterilisasi ini, Kolaborasi TNI dan Tim Jibom Brimob, melibatkan Polisi Satwa (K9) Polresta Malang Kota, juga pihak gereja.

“Kegiatan sterilisasi ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas Kota Malang serta memastikan keamanan dan kenyamanan para jemaat saat ibadah Perayaan Natal” Ungkapnya.

“Sterilisasi juga akan dilaksanakan ke gereja-gereja lainnya yang ada di Kota Malang, setelah itu dilanjutkan dengan patroli” Tambah Kompol Wiwin Rusli saat berada di Gereja Katedral Ijen

Sterilisasi dimulai dari Gereja Paroki St. Albertus de Trapani Jl A. Yani Blimbing, Gereja Katedral Paroki Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel Jl Buring Oro-oro Dowo dan Gereja Ratu Rosari yang berada di Jl Plongkowati Polehan.

Kompol Wiwin menegaskan hasil sterilisasi dinyatakan nihil barang / benda yang mencurigakan, ia juga berkoordinasi dengan setiap pihak gereja panitia Natal.

“Hasil sterilisasi tidak ditemukan barang / benda yang mencurigakan, Kami juga berkoordinasi dengan panitia natal, agar menyiapkan petugas pengamanan termasuk bantuan Linmas Kelurahan setempat” Pungkas Kompol Wiwin

Sementara itu, Dantim Jibom Brimob Iptu Devi Krisyana mengatakan bahwa dalam sterilisasi yang dilakukan, Tim Jibom memeriksa secara menyeluruh.

“Tim Jibom menyisir mulai area gereja, termasuk ruang ibadah, ruang pastoran, dan ruang-ruang lainnya hingga barang-barang elektronik gereja” Ungkap Iptu Devi

Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan alat pendeteksi bom, seperti metal detector, Mirror, dan detektor bahan peledak.

Iptu Devi memastikan bahwa Hasil sterilisasi yang dilakukan, tidak ditemukan barang atau benda yang mencurigakan.

“Semua gereja yang telah kami sterilisasi dinyatakan aman,” ujar Iptu Devi Krisyana.

Kegiatan sterilisasi gereja-gereja di Kota Malang merupakan wujud komitmen Polri dan TNI dalam menjaga kamtibmas, khususnya pada momen-momen perayaan keagamaan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *