KTT AIS Forum 2023 di Bali, Polresta Banyuwangi Pertebal Pengamanan Pelabuhan Ketapang

BANYUWANGI – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, pada 10-11 Oktober 2023, pintu masuk di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi dijaga ketat oleh puluhan personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan lainnya.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa mengatakan penjagaan di Pelabuhan Ketapang diperketat sejak Minggu (8/10/2023) dengan pemeriksaan terhadap penumpang, barang, dan kendaraan yang keluar masuk Bali.

“Untuk pengamanan kami lakukan terbuka dan tertutup di pintu masuk Pelabuhan Ketapang,”ujar Kombes Pol Deddy, Rabu (11/10).

Kapolresta Banyuwangi juga mengatakan pihaknya menerjukan personel Sat Lantas, Sat Pam Obvit, Sat Samapta, Gabungan Sat Resintel dan Satnarkoba, Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi, Sat Polair dan Polsek Kalipuro.

“Selain itu kami juga melibatkan BKO Lanal, Security ASDP termasuk dua ekor anjing K9 juga ikut dilibatkan untuk melakukan pemeriksaan di pintu keluar maupun masuk Pelabuhan Ketapang,” kata Kapolresta Banyuwangi pada awak media.

Kombes Pol Deddy juga mengatakan pos penjagaan di Pelabuhan Ketapang dibagi menjadi beberapa tim.

Tim pertama melakukan penjagaan di pintu masuk Pelabuhan ASDP, tim kedua di pintu keluar Pelabuhan Ketapangi, dan tim yang terakhir di Dermaga Pelabuhan yang merupakan penyeberangan ke Gilimanuk Bali.

Fokus pemeriksaan jelas Kombes Deddy adalah Kendaraan truck/ box/ pick up, R4. pribadi, R2 sepeda motor dan angkutan umum/ bus/ minibus, kelengkapan surat- surat kendaraan dan identitas diri dan dokumen angkutan barang, orang/ penumpang dan barang/benda bawaan penumpang, yang akan menyeberang ke Gilimanuk, Bali.

“Jika ditemukan ada hal-hal yang mencurigakan, kami akan langsung melakukan tindakan,” jelas Kapolresta Banyuwangi.

Pihaknya berharap selama acara berlangsung dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Selain melakukan penjagaan dan pemeriksaan di darat, personel gabungan juga akan melaksanakan patroli laut dan juga di sepanjang pesisir pantai terutama pelabuhan-pelabuhan rakyat yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

“Kegiatan patroli laut dan pesisir kami dilakukan untuk tindaklanjuti instruksi pimpinan. Sekaligus meningkatkan kesiapsiagaan dan mengecek situasi perairan Banyuwangi, terutama jalur tikus yang ada di pesisir pantai Banyuwangi,” kata Kombes Pol Deddy.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *