Gerak cepat, Sinergitas TNI-Polri Bersama Masyarakat Bantu Korban Tanah Longsor

Bencana hidrometeorologi merupakan salah satu bencana yang sering melanda wilayah Indonesia. Peringatan terkait bencana hidrometeorologi juga kerap disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terutama pada periode akhir tahun menjelang tahun baru.

Fenomena bencana hidrometeorologis di Indonesia cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tingginya intensitas curah hujan di Kota Malang beberapa waktu terakhir merupakan salah satu bentuk dari bencana hidrometeorologi. Hal tersebut memicu terjadinya bencana tanah longsor yang mengakibatkan salah satu kamar mandi rumah warga di Jl. Aries Munandar, Kel. Kidul Dalem, Kota Malang rusak berat, Senin (04/12) Pagi.

Adhi Purnomo (57), pemilik rumah yang terkena dampak, adalah seorang pekerja swasta. Kronologi kejadian bermula pada pukul 07.00 WIB, ketika Adhi Purnomo dan keluarganya berada di dalam rumah. Suara keras dari arah belakang rumah mengagetkan mereka, dan setelah diperiksa, ternyata kamar mandi telah longsor ke bawah tebing di atas bantaran Sungai Brantas.

Adhi Purnomo segera melaporkan kejadian ini pada kepada RT. Merespon laporan tersebut, Babinkamtibmas,Babinsa bersama warga dan Linmas bersatu bergerak cepat dalam melakukan pengamanan lokasi memberikan pertolongan cepat dengan membersihkan, mengevakuasi barang-barang yang terdampak akibat longsor di rumah korban.

Kerugian materiil akibat kejadian ini diperkirakan mencapai sekitar Rp 25 juta. Masyarakat dan pihak berwenang terus berkoordinasi untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada korban musibah tersebut.

Dalam situasi darurat seperti ini, sinergi yang efektif antara Bhabinkamtibmas,Babinsa,Linmas, dan warga sangat penting. Semua pihak berusaha memberikan bantuan secepat mungkin dan memastikan keselamatan dan keamanan korban yang terdampak longsor.

Bhabinkamtibmas Kel. kidul Dalem menyatakan bahwa musibah ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau aparat saja, tetapi tanggung jawab bersama sebagai warga negara, “kondisi sulit seperti ini menguji solidaritas dan soliditas kita, dan hari ini kita membuktikan bahwa bersama, kita bisa mengatasi setiap cobaan ini,negara hadir berbuat dan bermanfaat bagi masyarakat” pungkas Pak Bhabin.

Kolaborasi ini menunjukkan bahwa dalam menghadapi musibah, sinergi antara pihak militer, kepolisian, linmas, serta masyarakat sangat vital dan sangat dibutuhkan untuk bersama sama memberikan dukungan berupa bantuan yang efektif kepada korban yang terdampak bencana seperti tanah longsor yang terjadi ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *